Pj. Bupati Subang Hadiri SPM Award 2024



Subang - Penjabat (Pj) Bupati Subang Dr. Drs. Imran, M.Si. MA.Cd menghadiri SPM Award 2024 yang dilaksanakan oleh Ditjen Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), bertempat di Hotel Bidakara, Jakarta. Rabu, 24 April 2024.

SPM (Standar Pelayanan Minimal) Awards merupakan bentuk penghargaan yang diberikan Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Daerah yang berkinerja terbaik dan dihadiri secara langsung dan secara virtual oleh sejumlah Pemerintah Daerah se-Indonesia.



Dalam laporannya, Dirjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri
Ir. Restuardy Daud, M.Sc menyampaikan bahwa tujuan penyelenggaraan kegiatan SPM Award adalah untuk meningkatkan komitmen kepala daerah dalam menjalankan urusan wajib yang berkaitan dengan pelayanan dasar dan mendorong penerapan SPM di daerah dilaksanakan secara optimal. Selain itu, tujuan selanjutnya adalah untuk melakukan pembinaan umum dan teknis penerapan SPM di daerah serta meningkatkan koordinasi tim sekretariat bersama tingkat pusat dengan tim penerapan SPM provinsi dan kabupaten/kota.



Wakil Menteri Dalam Negeri John Wempi Wetipo, SH, MH dalam sambutannya menjelaskan bahwa berdasarkan rekapitulasi dan tabulasi rata-rata nilai Indeks Pencapaian SPM atau IP SPM, rata-rata Nasional tahun anggaran 2024 berada di angka 83,29% atau dikategorikan sebagai Tuntas Madya. Sementara itu, Wamendagri juga menjelaskan, untuk nilai rata-rata provinsi berada di angka 84,68% dengan kategori tuntas madya, sementara nilai rata-rata kabupaten/kota berada di angka 81,91% atau kategori tuntas madya.



Wamendagri juga menjelaskan bahwa indeks SPM, melihat tren selama 5 tahun terakhir menunjukkan hasil yang terus meningkat dari tahun ke tahun, dengan capaian tahun 2019 sebesar 52,53%, tahun 2020 sebesar 62,45%, tahun 2021 sebesar 69,71%, tahun 2022 sebesar 76,94% dan tahun 2023 sebesar 83,29%.
"mudah-mudahan di tahun ini kita bisa mencapai tuntas Paripurna yaitu 100% sesuai dengan target yang ditetapkan oleh RPJMN tahun 2019-2024."



Selanjutnya, Wamendagri juga menjelaskan langkah-langkah pencapaian SPM yakni dengan :
- peningkatan komitmen dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat khususnya terkait urusan wajib pelayanan dasar 
- meningkatkan strategi dan inovasi dalam menyelenggarakan SPM serta memastikan integrasi dalam dokumen perencanaan pembangunan daerah 
- memperkuat tim penerapan SPM serta mengawasi pelaksanaan rencana aksi yang sudah ditetapkan 
- memastikan penerapan SPM dilaporkan dengan baik melalui aplikasi E-SPM setiap triwulannya.

Hadir mendampingi Pj. Bupati Subang, Kaban BP4D Kabupaten Subang serta Kabag Tata Pemerintah Setda Kabupaten Subang.

(***)
Previous Post Next Post

Contact Form