Kang Jimat Terima Kunjungan Bupati Ogan Ilir, Bahas Pengembangan Nanas




Bupati Subang H. Ruhimat, menerima kunjungan kerja Bupati Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan Panca Wijaya Akbar, S.H., bertempat di Pendopo Abdul Wahyan, Rumah Dinas Bupati Subang. Senin, 17 Juli 2023.

Bupati Kabupaten Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar, S.H pada kesempatan tersebut menyampaikan maksud dan tujuannya ke Kabupaten Subang yaitu terkait kerjasama di Bidang Pertanian, khususnya Buah Nanas.
"Kunjungan kerja ini terkait di bidang pertanian, karena kami merupakan salah satu daerah penyumbang produksi Nanas terbanyak di Sumatera Selatan. 97% Nanas di Sumatera selatan, disumbang dari Kabupaten Ogan Ilir."

Panca juga menjelaskan, bahwa kedatangan dirinya dan jajaran ke Kabupaten Subang, adalah untuk melihat pengolahan serat nanas yang akan menjadi percontohan bagi Kabupaten Ogan Ilir yang juga menjadi penghasil Buah Nanas.
"Saya mengajak teman teman untuk melihat pengolahan serat nanas secara langsung di Kabupaten Subang. Menjadi percontohan bagi kami untuk di terapkan di Ogan Ilir."

Menutup Sambutannya, Panca mengucapkan terima kasih atas kesediaan Bupati Subang dalam menerima dirinya beserta jajaran dalam rangka Kunjungan kerja ke Kabupaten Subang.
"Terima kasih kepada Pak Bupati Subang yang telah menyempatkan waktunya untuk menerima kami."

Sementara itu, Kang Jimat sapaan Bupati Subang dalam sambutannya menyampaikan harapannya, dimana kunjungan kerja yang dilakukan oleh Bupati Ogan Ilir mampu bermanfaat bagi kemakmuran rakyat, khususnya di Ogan Ilir.
"Mudah mudahan bisa apa yang kiranya baik yang dilakukan di Kabupaten Subang, bisa dilakukan di Ogan Ilir, tentunya untuk kemakmuran rakyat kita. Silahkan untuk melakukan study di sini."

Selanjutnya, Kang Jimat menyampaikan bahwa Subang merupakan daerah penghasil Nanas terbesar di Jawa Barat. Namun, bukan hanya penghasil Nanas, Subang juga menjadi salah satu lumbung padi ke 3 di Jawa Barat dan juga ke 3 di Nasional.
"Subang menjadi penghasil Nanas terbesar di Jawa Barat. Subang terdiri dari 3 wilayah, kami memiliki pantai di Utara, dimana di sana sedang ada proses pembangunan pelabuhan internasional Patimban, kemudian kami juga mempunyai zona tengah yang menghasilkan padi, sehingga kami menjadi lumbung padi Nasional ke 3 dan ke 3 di Jawa Barat. Kami juga memiliki wilayah selatan pegunungan yang berada di Wilayah selatan, seperti Tangkuban perahu dan Ciater, dan di selatan itu yang mampu memproduksi nanas di Jawa Barat."

Kang Jimat juga menjelaskan, bahwa dengan produksi Nanas yang besar, membuat suatu inovasi bagi masyarakat Kabupaten Subang yaitu inovasi di bidang serat Nanas.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Ogan Ilir, Asisten Daerah Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Subang, Kadis Pertanian Kabupaten Subang, Kadis Perikanan, Kadis Ketahanan Pangan, Ketua KTNA Jawa Barat, serta tamu undangan lainnya.

*Asep Nasa*
Previous Post Next Post

Contact Form