PJ Bupati Subang bersama Ketua Dekranas Subang cek langsung kesiapan Kendaraan Hias HUT Dekranas ke-44




Subang - Dekranasda Kabupaten Subang, Rabu (15/5/2024) akan mengikuti event nasional parade mobil hias dengan tema Kriya dan Budaya di Surakarta, Jawa Tengah. Event yang diselenggarakan dalam rangka HUT Dekranas ke-44 tersebut diikuti lebih dari 100 peserta dari seluruh Indonesia yang terdiri dari kota/kabupaten dan provinsi.

Pada parade mobil hias kali ini Dekranasda Subang mengambil tema Pesona Subang yang disesuaikan dengan tema kegiatan tersebut yaitu Kriya dan Budaya. Pada mobil hias akan ditampilkan kekayaan alam, budaya dan kreativitas warga Subang. 



Salah satunya ditampilkan wayang golek dalam ukuran raksasa dengan menggunakan ornamen motif batik khas Subang. Wayang golek dan batik Subang merupakan representasi dari karya kriya, wastra sekaligus  budaya khas Kabupaten Subang dan tatar pasundan.

Pesona Subang juga ditampilkan melalui kesenian khas Subang yaitu Sisingaan dan Genjring Bonyok. Sisingaan juga  merupakan representasi karya kriya dan budaya Kabupaten Subang. Ornamen payung dan umbul-umbul khas Sisingaan juga ditampilkan di atas mobil hias. Berpadu dengan gerak Sisingaan, ditampilkan pula tarian batik khas Subang yang dibawakan oleh para mojang Subang, reprerentasi dari keindahan sekaligus keramahan warga Subang. 



Ornamen hias yang mewakili ke tiga zona wilayah Subang juga ditampilkan pada mobil hias. Daerah pesisir diantaranya digambarkan dengan ornamen ombak dan ikan laut yaitu ikan etong yang menjadi salah satu kuliner khas Subang. Wilayah pedataran digambarkan dengan padi dimana Subang merupakan lumbung padi nasional. Sementara wilayah pegunungan diantaranya digambarkan dengan buah nanas dan bunga, dimana Subang juga dikenal dengan sebutan Kota Nanas. Ornamen batik khas Subang juga ditampilkan di beberapa bagian lainnya.

Pj Bupati Subang Dr. Drs. Imran meninjau langsung proses pembuatan mobil hias ini di Solo (14/5/2024). Imran menilai acara ini penting sebagai ajang mengenalkan Subang. Apalagi yang hadir berasal dari seluruh Indonesia.

"Ini merupakan salah satu ajang untuk mempromosikan Kabupaten Subang. Kita kenalkan Kabupaten Subang melalui event ini. Agar nama Subang semakin dikenal," ujarnya. 

"Kita coba tampilkan potensi Kabupaten Subang dari mulai utara hingga selatan termasuk seni budayanya" lanjutnya.

Dirinya berharap event seperti ini ke depan juga bisa digelar di Kabupaten Subang.

(***)
Previous Post Next Post

Contact Form