Pj. Bupati Subang membuka Agenda Sosialisasi SPIP dan MRI yang diselenggarakan oleh Inspektorat Daerah Kab. Subang tahun 2024




Cybernsa Subang - Pj. Bupati Subang, Dr. Drs. Imran, M.Si., MA.cd membuka agenda Sosialisasi Maturitas sistem pengendalian Intern Pemerintah  (SPIP) dan Manajemen Risiko Indeks (MRI) Pemerintah Daerah Kabupaten Subang tahun 2024 yang bertempat di ruang rapat Bupati II. 
Jumat, 08/03/2024

Kegiatan Sosialisasi SPIP dan MRI diselenggarakan oleh Inspektorat Daerah (Irda) Kabupaten Subang.

Inspektur Irda Kabupaten Subang, Drs. R. Memet Hikmat, M.W.. menyampaikan bahwa SPIP dan MRI sangat diperlukan Komitmen dari Perangkat Daerah dan seluruh Pemerintah Kecamatan , "harapannya meningkatakan level SPIP, yang sekadang di level 2 menjadi level 3" Ungkap Memet.

Drs. R. Memet menyampaikan beberapa agenda kedapan diantaranya berkaitan dengan akan dilaksanakan rencana penilaian secara umum dilakukan oleh BPKP, Dirinya juga menjelaskan peningkatan secara komepetensi berkaitan dengan SPIP dan MRI ini guna mendorong peningkatan pengawasan "Pengingkatan pengawasan di lingkunagan OPD dan Camat di OPD nya masing masing, sehingga faktor resiko bisa dihindari" 


Drs. R. Memet Hikmat, M.W. menyampaikan juga bahwa kegiatan tersebut diikuti oleh sebanyak 67 orang dari tiap Organisasi Perngkata Daerah, Camat, Para Kabag Lingkup Setda, unsur BP4D "Untuk admin dari masing masing OPD akan kami push dan kami undang nanti" tutupnya

Pj bupati Subang, Dr. Imran juga menjelaskan bahwa pentingnya setiap OPD menguasai  SPIP dan MRI dalam rangka mendorong penguasaan manajameen resiko demi meminimalisir secara realitas dari berbagai kesulitan yang muncul.

Dr. Imran menjelaskan bahwa penguasan SPIP dan MRI merupakan kunci utama dari managemen pengawasan dengan baik dari resiko yang ada. "kalau tidak paham, akan lebih parah, Ini pintu masuk untuk memahami secara umum MRI dan SPIP"

Dr. Imran juga mengungkapkan bahwa Kondisi sekarang terkait dengan pengawasan internal ataupun eksternal, yang menjadi aspek pembinaan itu dilaksanakan oleh pemerintah "pengawasan internal kemudian manajemen resiko merupakan tools daru upaya pencegahan kita"


Dr. Imran menekankan jika PIP ini berjalan baik maka akan lebih mudah dan tidak melenceng dari aturan dan rambu yang berlaku "hal ini yang sering mendapat masalah dikemudian hari, Mudah mudah perbaikan yg kita lakukan, mungkin kesalahan yang lalu yangbtidak kita pahami" Pesannya.

Dr. Imran meminta SPIP dan MRI semakin baik, Dirinya juga menekankan agar seluruh OPD memiliki komitmen besar agar persoalan yang tidak sesuai aturan tidak terulang dan bermunculan karena dapat ter-manage dengan baik.

Agenda dilanjutkan dengan paparan dari  para narasumber sosialisasi SPIP dan manajemen risiko oleh Isnandar SE.CA CRMP selaku Korwas Bidang APD 5, Aang Ismail Auditor Ahli Muda dan Atika Khairunnisa Auditor Pelaksana.

Turut hadir dalam agenda tersebut Asda II lingkup Setda Kabupatem Subang, Para Kepala OPD dan seluruh Camat Se-Kab. Subang, Para Kabag Lingkup Setda, Kepala BP4D dan Jajaran Irda Subang dan tamu Undangan lainnya.


Dens'Kcr & Crew
Previous Post Next Post

Contact Form