Oknum Kurir Lex Id Diduga Tak Beretika Gegara Gak Mau Di Teleponin Pelanggan/Konsumen Malah Tantang Untuk Melaporkan Dirinya Ke Lazada



Subang Cybernasa - Lex ID merupakan jasa pengiriman ekspres milik Lazada. Lazada Express (Lex ID) memiliki 50 hub lebih yang tersebar di seluruh kota. Seperti halnya jasa pengiriman lain, LEX ID juga menyediakan fasilitas pengecekan resi sehingga pelanggan dapat mengetahui status pesanan mulai dari dikemas hingga diantar kurir.

Disayangkan di tengah-tengah munculnya prusahaan Lazada ini,masih ada Oknum Kurir yang terkesan semau gue,tak beretika dan tidak humanis terhadap pelanggan/konsumen yang jelas-jelas memberi pemasukan terhadap perusahaan Lazada.

Seperti halnya dengan kurir berinisial HA yang kini di duga telah menjadi oknum Kurir Lex Id dari perusahaan Lazada yang beroperasi di wilayah Subang Selatan khususnya di wilayah Kecamatan Tanjungsiang Kabupaten Subang, terkesan tidak beretika terhadap YH konsumen/pelanggan rutin Lazada,gegara menanyakan keberadaan Paket yang di pesan YH, terhadap HA sebagai kurir Lex Id dari Lazada melalui chat ke nomor WhatsApp HA berdasarkan informasi pengiriman dari Lazada pada Rabu 13 Maret 2024.


Kronologis kejadian YH Chat HA sekitar pukul 14.46 WIB,"Sudah sampe Paketnya?"

Kebetulan pada kesempatan tersebut HA tidak membalasnya,kemudian YH mencoba untuk telepon yang bersangkutan melalui tlp WhatsApp sekitar pukul 15.20 WIB,dan HA masih belum menjawabnya.

Sekitar pukul  15.32 YH  menulis chat terhadap HA ,isinya " Ada Pemiliknya gak nomor ini?"

Sekitar satu jam dari chat tersebut sekitar pukul 16.28 WIB,HA membalasnya," Di tunggu aja dirumah ya pak,Paket baru nyampe Tanjungsiang,
Saya bawa paket bukan punya bapak doang" membaca isi chat dari whatsApp tersebut YH menerka HA agak emosi kata-katanya.



Selanjutnya YH membalas lagi dengan tulisan chat bertujuan  menghumori dan mengkritik HA,"Saya rek ngajukan supaya kamu di ganti, soalnya kurir kudu cepat tanggap."

Tak disangka setelah di humori dan di kritik tersebut HA malah membalas chat pada WhatsApp tersebut dengan nada emosi mengancam untuk meretur  paket ke Lazada " Saya RETUR PAKET NA KABEH MAU?"Ucapnya Lewat chat WhatsApp,artinya Saya retur paketnya semua mau?

YH balas," Kuma sia Red Sunda artinya Terserah Kamu."
"Ok kusaya di tunggu sekalian mau  komfirmasi sejauh mana respon seorang kurir pada konsumen,anda harus tahu konsumen itu yang membayar anda dan perusahaan anda,ingat itu,jadi  pembeli itu adalah raja."Ucap YH lewat chat WhatsApp.

Sekitar pukul 17.46 WIB YH telepon HA menanyakan masalah paket,dan maksudnya tentang paket mau diretur oleh HA,dan YH menjelaskan  pada HA bahwa pelanggan itu adalah raja berhak menanyakan keberadaan paket pesanan,dalam arti konsumen memberi keuntungan terhadap Lazada, HA malah balas Hilang konsumen satu itu tidak rugi,ucapnya,setelah itu dia bilang tunggu di rumah.


Sekitar pukul 20.00 WIB HA datang mengantar paket yang di pesan YH,dia malah bilang dengan nada emosi paket ini mau di bayar gak? Maunya apa? YH menjawab saya mau kurir beretika dan responsif, HA malah bilang mau di bayar gak,saya gak mau di teleponan,bapak diam saja di rumah sampai paket datang,ucapnya.

Pada kesempatan tersebut YH bilang dengan kejadian ini saya  mau melaporkan Anda ke Lazada,dia malah menantang ,sok ( silahkan ) tegasnya.
Setelah itu YH segera bayar paket yang di pesan dari Lazada dan HA pergi.

Menyikapi permasalahan ini YH sebagai Pelanggan/ Konsumen Lazada berharap Pihak Lazada dan Lex Id Menindak lanjuti yang bersangkutan demi kemajuan Lazada jangan menggunakan tenaga kurir yang tidak beretika,pasalnya seorang pelanggan atau konsumen berhak menanyakan  atas barang atau pesan terhadap perusahaan yang bersangkutan ( Lazada ).


Mengacu pada undang-undang Perlindungan Konsumen,konsumen mempunyai Hak untuk mendapatkan advokasi, perlindungan, dan upaya penyelesaian sengketa perlindungan konsumen secara patut. Hak untuk mendapat pembinaan dan pendidikan konsumen. Hak untuk diperlakukan atau dilayani secara benar dan jujur serta tidak diskriminatif.


"Kami berharap Kurir yang RESPONSIF karena  adalah nilai yang terwujud dalam bentuk perilaku kerja yang senantiasa mengembangkan sikap proaktif, kooperatif, kritis, suportif, peka terhadap situasi dan kebutuhan lingkungan kerja, mampu memanfaatkan peluang dan tantangan yang ada, serta melayani secara prima pihak - pihak yang berkepentingan dalam memberikan jawaban atau informasi yang di tanyakan,termasuk terhadap para pelanggan atau konsumen."


Selanjutnya Pihak perusahan Lazada di mohon untuk mengangkat kurir yang sanggup menjadi kurir terbaik dan dapat memberikan pelayanan prima terhadap konsumen  termasuk etika terhadap pelanggan juga harus diutamakan dengan sikap yang humanis.

Redaksi

Previous Post Next Post

Contact Form