Bupati hadiri sekaligus lantik pengurus FKDM tingkat Kecamatan tahap 2



Cybernasa Subang - Bupati Subang H. Ruhimat menghadiri Pelantikan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) tingkat Kecamatan Tahap 2, bertempat di Aula Oman Syahroni Pemda Subang, Rabu 25/10/2023.

Dalam Sambutannya Maman Suparman, M.Ag selaku Ketua FKDM Kabupaten Subang melaporkan kegiatan tersebut merupakan pelantikan tahap 2 pengurus FKDM sebanyak 130 orang yang berasal dari 16 Kecamatan di Kabupaten Subang, setelah sebelumnya 14 Kecamatan telah dilantik lebih dahulu di tahun 2022. 

Maman melanjutkan, FKDM mempunyai ‘tugas besar’ sebagai antisipator berbagai hal yang menjadi ancaman, hambatan bahkan di tingkat Kecamatan masing-masing “intinya FKDM berfungsi untuk membantu pemerintah daerah dengan cara memfasilitasi keamanan dan kenyamanan masyarakat dengan cara antisipasi dini, melalui pemberian informasi, untuk menjaga kondusifitas di Kabupaten Subang” Tutur Maman.


Selanjutnya, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Subang Rona Mairansyah, A.P., M.Si menuturkan FKDM mempunyai peran strategis dalam menjaga kondusifitas khususnya di Kabupaten Subang
menghadapi tahun politik, banyak hal yang akan terjadi di luar dugaan. 

Rona menegaskan tugas FKDM yaitu ‘record and report’ hal-hal yang terjadi di laporkan “Catat dan laporkan, karena bapak-ibu merupakan garda terdepan para stakeholder terkait ibaratnya api yang masih kecil, segera dipadamkan sebelum meluas.” Pinta Rona 

Rona menyoroti fenomena saat ini, dimana masyarakat sudah mulai abai terhadap lingkungan sekitar, dan di situlah peran para pengurus FKDM diperlukan, untuk menciptakan situasi yang aman, nyaman dan harmonis bagi masyarakat Kabupaten Subang.

Selanjutnya, Dr. H. Yayat Hidayat, M.Si selaku Ketua FKDM Provinsi Jawa Barat menegaskan rasa aman adalah ‘basic need’ setiap manusia,Yayat menuturkan Bupati Subang mendukung terciptanya keamanan bagi masyarakat Subang, salah satunya adalah melalui FKDM "Pak Bupati dalam mengambil keputusan pasti sangat berhati-hati terlebih yang menyangkut hajat-hidup orang banyak.” Tutur Yayat.

Yayat pun mengapresiasi para pengurus FKDM, meskipun FKDM dibentuk melalui SK Bupati Subang, tetapi pengurusnya adalah para relawan “Pak Bupati, para pengurus ini adalah orang-orang yang luar biasa yang mencintai dan memiliki kepedulian tinggi terhadap keamanan dan ketertiban untuk masyarakat Subang.” Puji Yayat.

Acara dilanjutkan dengan Pembacaan SK FKDM Tingkat Kecamatan se Kab. Subang oleh Sekretaris Badan Kesbangpol Subang Kukun Kurnia, SP., M.Si, setelah itu dilanjutkan dengan pelantikan oleh Bupati Subang.


Setelah melantik para pengurus FKDM, Bupati Subang yang akrab disapa Kang Jimat mengucapkan selamat kepada para pengurus FKDM yang telah dilantik pada kegiatan tersebut, Kang Jimat juga mengapresiasi para pengurus FKDM di masing-masing kecamatan yang walaupun relawan, tapi dengan sukarela memberikan kontribusi nyata bagi keamanan dan ketertiban kehidupan bermasyarakat di Kabupaten Subang.

Kang Jimat berharap FKDM mampu menjadi partner pemerintah daerah untuk menciptakan situasi bermasyarakat yang tertib dan aman di Kabupaten Subang, "bapak-ibu pengurus saya titip, terutama untuk mempersiapkan pesta demokrasi tahun 2024, FKDM bertanggung jawab agar Kamtibmas di Kabupaten Subang semakin kondusif bukan saya menyuruh bapak-ibu 'goreng hate' tapi dibutuhkan rasa peka yang tinggi.” Pesan Kang Jimat.

Turut hadir dalam pelantikan tersebut, jajaran Bakesbangpol, Bawaslu Subang KPAD Subang, Camat Se Kab Subang, FKUB, FPK, Korwil Subang Binda Jabar, FKDM Jawa Barat, dan tamu undangan lainnya.


Dens'Kcr & Crew
Previous Post Next Post

Contact Form