Kang Akur Hadiri Even Festival Tujuh Sungai Di Desa Cibuluh



Subang CyberNasa : Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi, S.Si., MM menghadiri Event Festival 7 Sungai yang Ketujuh di Desa Cibuluh, Tanjungsiang (Kamis, 07/07/2022)

Event Festival Tujuh Sungai dimulai dengan prosesi penyambutan adat kesundaan, dimana pada kesempatan tersebut Wakil Bupati beserta ibu dan Kadisparpora diarak dengan menaiki kuda, diiringi oleh alunan angklung. Ada pula nutu padi dan pameran berbagai Produk UMKM Subang, serta tarian Subang Jawara oleh KPS Tanjung Siang.

Kades Cibuluh Edi Junaedi, A.Md. Sn. dalam sambutannya menyampaikan harapannya terkait penyelenggaraan festival kedepan dapat berjalan lebih baik dan sesuai dengan harapan semua elemen masyarakat desa cibuluh, baik dari sektor pembangunan infrastruktur serta peningkatan kualitas SDM pengelola wisata. "mudah-mudahan festival anu bakal datang naon nu dipiharep ku masyarakat cibuluh sing aya realisasinya."


Kadisparpora Subang Tatang Supriyatna, S.IP., M.I.Pol pun menyampaikan harapannya terkait penyelenggaraan event festival tujuh sungai ini kedepan lebih baik dan mampu memberikan efek yg signifikan terhadap perkembangan ekonomi cibuluh

Sekretaris Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan Edy Wardoyo menekankan bahwa event 7 sungai dapat menjadi event nasional yang bukan hanya dapat dinikmati oleh warga lokal, namun internasional. "event festival tujuh sungai dapat dipertahankan dan ditingkatkan, sehingga kedepan event ini menjadi event nasional yang dibanggakan, dengan tujuan tidak hanya dinikmati oleh wisatawan lokal namun wisatawan internasional."


Tidak hanya itu Edi Wardoyo juga mengemukakan, event festival tujuh sungai dapat mendorong kebangkitan ekonomi dan kreatif di Indonesia termasuk pelaku Ekraf di Subang. Dirinya berharap festival ini memiliki keunikan tersendiri, diantaranya tumbuh kesadaran masyarakat untuk menjaga dan melestarikan lingkungan hidup dilingkungan Desa Cibuluh khususnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi, S.Si., MM atau Kang Akur mengapresiasi terselenggaranya kepada seluruh panitia yang telah berkolaborasi menyelenggarakan kegiatan festival 7 sungai tersebut.

Kang Akur menjelaskan bahwa sektor pariwisata menjadi sektor usaha yang mampu untuk bertahan menghadapi iklim perekonomian dunia yang tidak menentu. "untuk itu kami telah menetapkan 15 desa wisata pada tahun 2019 lalu, yang salah satunya adalah desa cibuluh ini."

Kang Akur juga menyampaikan bahwa kegiatan Festival 7 sungai yang ke 7, Digelar di tanggal 7 bulan 7 tahun 2022 dan berharap dapat menjadi salah satu upaya dalam pemulihan ekonomi. "saya berharap (Festival 7 sungai) dapat mensukseskan promosi wisata di kabupaten subang, berkontribusi dalam memulihkan perekonomian pasca pandemi, dan bisa menambah kesadaran masyarakat untuk semakin menjaga alam serta adat istiadatnya."

Kang Akur juga mengajak seluruh elemen untuk menjalin kolaborasi baik itu dari kemenparekraf, pemprov dan pihak swasta untuk terlibat dalam mendukung event festival kedepan lebih baik. "kami mohon kepada Kemenparekraf RI untuk terus mendukung dan berkolaborasi pada Festival 7 sungai di Tahun-tahun berikutnya".

Kang akur juga meyakini bahwa event festival ini akan berimplikasi pada pertumbuhan ekonomi "saya meyakini dengan event ini adanya pertumbuhan ekonomi di desa cibuluh" pungkasnya.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis iket yang diberikan oleh ketua pelaksana Kang Udan Setiawan, kepada Wakil Bupati Subang, Sekretaris Deputi Bidang Produk Wisata, Penyelenggara Kegiatan (event), dan Kadisparpora Subang.

Kemudian dilanjutkan simbolis penanaman pohon dan penebaran benih ikan native, serta perform tradisi sungai (ngenen, ngegogo, ngeprok, marak kombongan, ngecrik) dan kemudian dilanjutkan perform tradisi sungai

Turut hadir sekretaris perwakilan Disparbud Jabar, Forkopimda Kab. Subang, Camat Tanjungsiang, Muspika Kec. Tanjungsiang, Kepala Desa Cibuluh, penggiat desa wisata, tokoh agama, tokoh adat dan seluruh tamu undangan lainnya.***Asep Nasa - Deden. S
Previous Post Next Post

Contact Form