Sekda Subang buka FGD PK APIP, Harapkan APIP Subang Naik Level



Subang - Sekretaris Daerah Kabupaten Subang H. Asep Nuroni, S.Sos., M.Si. membuka kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Peningkatan Kapabilitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (PK APIP) Menuju Level 3, yang dilaksanakan oleh Inspektorat Daerah Kabupaten Subang, bertempat di Hotel Nalendra Subang. Selasa, 6 Februari 2024.

Inspektur Inspektorat Daerah Kabupaten Subang Drs. R. Memet Hikmat, M.W. dalam laporannya menyampaikan bahwa peningkatan kapabilitas APIP sangat penting untuk meningkatkan performance sebagai APIP di daerah.
"PK APIP tidak hanya untuk kepentingan soal level saja, tapi meningkatkan kapabilitas kita semua. Kenapa harus ada FGD ini maksudnya adalah untuk kita tahu peningkatan kapabilitas wajib bagi kita untuk meningkatkan level, dan penting untuk performance kita di daerah, dan yang paling utama untuk meningkatkan kualitas sebagai APIP di daerah."



Selanjutnya, Widiatmono korwas P3A BPKP Provinsi Jawa Barat yang juga sebagai narasumber pada kegiatan tersebut dalam sambutannya menyampaikan harapannya dengan kehadiran dirinya sebagai narasumber dapat menjadi pematik semangat dalam mencapai level 3 PK APIP.
"Kami dapat sedikit memetikan api."

Dirinya juga berharap adanya semangat dari para APIP dan dukungan dari seluruh pimpinan sehingga apa yang dicita-citakan dapat tercapai.
"Semangat teman teman dan komitmen dari para pimpinan, sehingga kita bisa bersama sama memberikan yang terbaik sehingga bisa mencapai level 3."



Sementara itu, Sekda Subang yang akrab disapa Kang Asep membuka sambutannya menyampaikan 
Terima kasih dan apresiasi atas terlaksananya kegiatan PK APIP serta selamat atas pencapaian IRDA yang telah mendapatkan penghargaan atas inovasi daerah. 

Kang Asep juga menyampaikan, terdapat 6 elemen yang harus ditingkatkan untuk dapat meningkatkan level PK APIP, yaitu Peran dan Layanan Pengawasan Intern, Pengelolaan SDM, Praktik Page 6 -3- Profesional, Manajemen dan Akuntabilitas Kinerja, Hubungan dan Budaya Organisasi, dan Struktur Tata Kelola.



Selanjutnya, Kang Asep membacakan sambutan dari Pj. Bupati Subang dimana disampaikan bahwa 
kapabilitas APIP adalah kemampuan APIP untuk melaksanakan aktivitas pengawasan yang ditunjang dengan dukungan pengawasan yang baik sehingga dapat mendorong hasil pengawasan yang berkualitas agar dapat mewujudkan perannya secara efektif sesuai dengan Peraturan BPKP 
Nomor 8 Tahun 2021 tentang penilaian 
kapabiltas APIP pada K/L/D).

Selanjutnya, Pj. Bupati juga berharap, APIP kabupaten subang pada tahun 2024 diharapkan bisa mencapai apip level 3 sehingga mampu melakukan performance audit/value for money audit yang dapat meningkatkan kinerja (ekonomis, efisiensi, dan efektifitas) serta memberikan advisory services untuk perbaikan governance 
process, risk management, dan control organisasi dimana APIP berada.



Selain itu, disampaikan pula strategi yang bisa dilakukan APIP, yakni :
1. membuat rencana capaian kapabilitas di lingkungan APIP.
2. melakukan self-assessment atas kapabilitas yang telah dicapai.
3. melakukan self-improvement atas kelemahan yang masih ada berdasarkan self-assessment yang telah dilakukan.
4. menindaklanjuti hasil QA yang telah dilakukan oleh bpkp.

Pj. Bupati pun berharap, dengan FGD yang dilaksanakan, dapat meningkatkan kapabilitas 
APIP menuju level 3, dan setiap peserta harus benar-benar memahami apa saja yang harus dipersiapkan dan dipenuhi oleh APIP itu sendiri.

Red
Previous Post Next Post

Contact Form