Kasi Trantib Kecamatan Cisalak Adakan Pelatihan Linmas Dan Siaga Bencana



Subang,cybernasa.com

Guna meningkatkan kapasitas anggota Linmas di wilayah Kecamatan Cisalak, melalui Kasi Trantib menjalin kerjasama dengan pihak terkait Polri dan BPBD. Dalam Pelatihan dan Pembinaan Anggota Linmas di Kecamatan Cisalak. Linmas sendiri sangat berperan penting didalam menjaga perlindungan masyarakat di wilayah sekitarnya, selain itu banyak warga yang hanya melihat linmas atau sering mereka sebut dengan Hansip yaitu suatu tugas untuk pertahanan sipil saja. Pelatihan dan Pembinaan Linmas dimaksud untuk memberikan pemahaman di bidang pengamanan, pertahanan dan kesiapsiagaan guna menghadapi Pemilihan Umum dan apabila terjadi suatu bencana. Pelatihan dan pembinaan tersebut dilakukan di GOR  Kecamatan Cisalak Kabupten Subang Provinsi Jawa Barat (14/12/2023).



Linmas adalah warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana, serta ikut memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, kegiatan sosial kemasyarakatan.

Kegiatan Pelatihan tersebut di buka oleh Camat  Cisalak Sumardi,S.STP.M.AP., Di hadiri oleh Kasi Trantib Kecamatan Cisalak A.Ojang,SE, Bhabinkamtibmas Desa Cisalak Bripka Ade Hidayat,dari BPBD Evi,serta Anggota Linmas Desa Se Kecamatan Cisalak Sebanyak 27 orang dari 9 Desa.

Sumardi dalam sambutannya kegiatan yang di laksanakan sebagai penyegar untuk memberikan pembekalan bagi anggota linmas dengan tujuan meningkatkan pengetahuan linmas dalam melaksanakan tupoksi.

"Saya berharap agar setiap peserta bisa mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh dan serius agar mendapatkan pencerahan dari materi yang di sampaikan oleh narasumber,"harapnya.

Adapun yang menjadi narasumber dalam kegiatan pelatihan linmas ini yakni Babinkamtibmas Desa Cisalak Bripka Ade Hidayat dan dari BPBD Kabupten Subang Evi.

Sementara Bripka Ade Hidayat memaparkan terkait tentang tugas dan fungsi linmas serta yang menjadi hak dan kewajiban sebagai anggota linmas serta akan di latih baris berbaris dan yang lainnya.

"Sebagai seorang linmas wajib memiliki jiwa dan semangat dalam melindungi wilayahnya agar selalu aman dan nyaman serta menciptakan ketentraman dan ketertiban wilayah,dan saling bersinergi,"tuturnya.

Sementara dari BPBD Kabupten Subang Evi berharap ke depannya pelatihan anggota linmas lebih intens dan lebih di tingkatkan agar dalam melaksanakan tugasnya anggota linmas memiliki bekal pendidikan yang mempuni.

"Tidak hanya menjadi garda terdepan menjaga ketertiban umum, tetapi bisa juga membantu pemerintah daerah dalam segala aspek seperti penanggulangan bencana sekaligus melayani masyarakat dalam kegiatan sosial,"kata dia.

Kasi Trantib  Kecamatan Cisalak A.Ojang,SE.,mengatakan “Tujuan dari diadakan pelatihan ini mudah - mudahan semua anggota linmas yang ada di tiap-tiap Desa telah siap untuk membantu pengamanan dalam pemilu tahun 2024 dan kesiap Siagaan dalam menghadapi bencana,"kata A.Ojang,SE,kepada awak media.



WASLY SUBANG 



 
Previous Post Next Post

Contact Form