CYBERNASA TV : Siswa-Siswi SDN Giri Mekar Ciater Terapkan P5,Gelar Kreatif Hasil Karya Dan Pentas Seni




Subang Cybernasa - Untuk mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila kepada pelajar Indonesia,khususnya di SDN Giri Mekar Ciater telah di terapkan P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) dengan berbagai kreatif dan pentas seni siswa - siswinya,Rabu 20/12/ 2023.

Program ini bertujuan untuk memberi kesempatan kepada para peserta didik untuk mempelajari isu-isu penting di sekitar.

Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila merupakan pembelajaran lintas disiplin ilmu dalam mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitar. Proyek ini dilakukan untuk menguatkan berbagai kompetensi dalam profil pelajar pancasila.

Berdasarkan Kemendikbudristek No.56/M/2022, P5 ini adalah kegiatan kokurikuler berbasis proyek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi. Juga sebagai upaya mewujudkan karakter sesuai dengan profil pelajar pancasila yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan.

Penerapan P5 ini didasarkan pada kebutuhan masyarakat atau permasalahan di lingkungan satuan pendidikan. Artinya, para pelajar diajak untuk belajar dari lingkungan sekitarnya.

Dalam kegiatan proyek ini, peserta didik berkesempatan mempelajari tema-tema atau isu penting sekitar,contohnya seperti isu perubahan iklim, anti radikalisme, kesehatan mental,budaya,wirausaha, teknologi dan kehidupan berdemokrasi.

Hal tersebut diimplementasikan agar peserta didik dapat melakukan aksi nyata dalam menjawab isu-isu tersebut sesuai dengan tahapan belajar dan kebutuhannya. Sederhananya, P5 dijadikan sebagai sarana belajar yang mendorong peserta didik berperilaku kompeten, berkarakter, dan bertindak sesuai dengan nilai-nilai pancasila.



Dalam Penerapan P5 di SDN Giri Mekar Ciater telah dilaksanakan
kegiatan Gelar panen karya  hasil kreatif siswa-siswi / Market day, yang merupakan salah satu bentuk bagian dari pembelajaran P5.

"Oleh karena itu kami dari SDN Giri Mekar mengundang bapak-bapak dan ibu-ibu orang tua siswa untuk hadir dalam acara market day ini " Ucap Kepala SDN Giri Mekar Suryana dan para guru.

          Redaksi



Previous Post Next Post

Contact Form