Pagelaran Wayang kulit Mekar Budaya Memeriahkan Ruwatan Bumi Desa Wanasari




Subang  Cybernasa - Upacara ngaruwat bumi di Desa  Wanasari Kecamatan Cipunagara telah berumur ratusan tahun namun kesakralannya sebagai tradisi masyarakat  mayoritas petani tetap terasa ngaruwat bumi adalah ungkapan syukur atas hasil yang diperoleh dari bumi,pelaksanaan
Rabu 16/10/2023.

Pelaksanaan ngaruwat ini dengan harapan setahun kedepan serta penghormatan kepada leluhur
Ruwat dalam bahasa Sunda,artinya mengumpulkan dan merawat, masyarakat dari hasil buminya.
 
Ruwatan bumi juga disebut hajat bumi yang selalu dirayakan oleh masyarakat Desa Wanasari setahun sekali,kegiatan ruwatan bumi tersebut  di meriahkan dengan pentas seni budaya pagelaran wayang kulit,Mekar Budaya dengan Ki dalang Datim Saekim Saputra dari Pagaden. 



Acara ruwatan bumi di Desa Wanasari dihadiri oleh Sekcam Cipunagara beserta Muspika Kecamatan,para tokoh masyarakat,tokoh agama tokoh masyarakat,yang paling istimewa di hadiri oleh mantan kepala desa Wanasari,Ibu Lurah Cucu,dan Lurah Tasman,serta masyarakat desa Wanasari. 

Pada acara tersebut masyarat Desa Wanasari antusias melaksanakan acara kegiatan ruwatan bumi dengan mengikuti pawai kendaraan,traktor yang dihiasi oleh hasil bumi berkeliling Desa Wanasari.

Dalam kesempatan tersebut 
Kepala Desa Wanasari Dede Krisna Syafa'at menyampaikan,"semoga dengannya acara ruwatan bumi ini hasil bumi yang ada di desa Wanasari bisa bertambah baik keadaan ekonomis dari masyarakat,mudah-mudahan ditahun depan kami masyarakat desa Wanasari bisa menjadi masyarakat yang bagus dari hasil taninya."Pungkasnya. 

Ikhsan Kuswandi Ketua panitia ruwatan bumi menyampaikan terimakasih kepada semua pihak, baik dari aparatur Desa Wanasari serta Kepala Desa wanasari dan  masyarakat desa Wanasari.

"Sangat berterimakasih kepada semua pihak,baik aparatur Desa Wanasari khususnya Kepada pak Kades Wanasari dan seluruh warga Wanasari yang telah melestarikan budaya leluhuhur,ruatan bumi di desa Wanasari untuk tahun 2023 ini sehingga berjalan dengan lancar aman dan sukses, sehingga
semua masyarakat Desa Wanasari,bisa meluapkan rasa  kegembiraan yang begitu luar biasa."
Pungkasnya. 

(Asep Nasa - D.Jekiw) 






.
Previous Post Next Post

Contact Form