Refleksi 5 Tahun Jimat - Akur di Kecamatan Purwadadi, Kang Jimat Berikan 'Kadeudeuh' untuk Para Hansip




Bupati Subang H. Ruhimat, melaksanakan Roadshow Refleksi 5 tahun Kepemimpinan Jimat-Akur, bertempat di Alun-alun kecamatan Purwadadi. Kamis, 13 Juli 2023.

Kedatangan Bupati Subang disambut meriah dan antusias oleh warga Purwadadi dan disambut pula dengan penampilan Qasidah Duskate yaitu Qasidah yang diisi oleh para Kepala Dusun, Ketua RW dan ketua RT Desa Parapatan, Kecamatan Purwadadi.

Dalam sambutan selamat datangnya, Camat Purwadadi Andri Darmawan, S.STP., MM menyampaikan bahwa masyarakat sangat antusias hadir dalam kegiatan roadshow refleksi 5 tahun kepemimpinan Jimat-Akur, dimana pada refleksi tersebut juga tersedia berbagai pelayanan, dimulai pelayanan kesehatan hingga pemberian sertifikat halal bagi UMKM.
"Alhamdulillah 4000 orang hadir ke tempat ini."

Andri menyampaikan bahwa tujuan dengan diadakannya Refleksi ini adalah sebagai ajang silaturahmi, dimana 3 tahun kebelakang, Bupati Subang terkendala dalam bersilaturahmi karena adanya pandemi covid19. Selain itu, Andri juga menjelaskan bahwa tujuan Refleksi adalah untuk menyampaikan informasi terkait progres pembangunan baik yang sudah maupun yang tengah dikerjakan di masa kepemimpinan Jimat-Akur, serta menguatkan komitmen bagi semua pihak.
"tujuannya untuk menyampaikan informasi terkait progres pembangunan yang telah dilaksanakan selama masa kepemimpinan Pak Haji Ruhimat dan Pak Haji Agus Masykur selama 5 tahun ini yang kedua menyampaikan pembangunan Subang di masa depan dan di wilayah Purwadadi khususnya yang akan menjadi penopang kemajuan di Kabupaten Subang, dan yang ketiga adalah menguatkan komitmen seluruh stakeholder pembangunan di tingkat desa."

Asisten Daerah 2 Bidang Perekonomian dan Pembangunan H. Hidayat sebelum menyampaikan sambutannya, mengundang para Hansip untuk naik ke atas panggung, dan menyatakan bahwa Hansip adalah pahlawan bagi bangsa dan negara. Pada kesempatan tersebut, Bupati Subang pun memberikan 'Kadeudeuh' bagi para Hansip yang telah membantu pemerintah dalam menjaga keamanan.

Selanjutnya, Asda 2 pun menyampaikan berbagai program yang telah dilaksanakan di masa Kepemimpinan Kang Jimat - Akur, seperti program Zero Rupiah, dan mendapatkan penghargaan 'Merit Sistem' dengan kategori 'Baik'. 

Asda 2 pun menyampaikan berbagai rencana pembangunan di Kabupaten Subang sebelumnya telah direncanakan. Namun, karena adanya pandemi covid-19, rencana tersebut dialihkan untuk keselamatan nyawa manusia. Asda 2 pun menyatakan saat ini covid19 telah mereda, dan dirinya mengajak bergotong royong untuk kembali membangun Subang.
"Hayu urang gotong royong, rek kusaha deui lamun lain ku urang."

Agenda dilanjutkan dengan penayangan video testimoni dari masyarakat Purwadadi terkait kepemimpinan Kang Jimat-Akur selama 5 tahun, penayangan video Subang di masa depan dan sambutan Kang Akur yang disampaikan secara virtual.

Sementara itu, Kang Jimat dalam sambutannya menyampaikan bahwa tujuan refleksi adalah sebagai media untuk bersilaturahmi dengan masyarakat.
"Nyanggakeun silaturahmi, geus 4 tahun 6 bulan jadi Bupati, tapi karena covid, jangankan kumpul seperti ini, jumatan juga di stop dulu. Dengan diadakannya refleksi ini di kecamatan masing masing, supaya Pak Camat gak usah susah mengajak RT ke kota, dengan dilaksanakan di Kecamatan, maka akan lebih mudah kita bertemu."

Kang Jimat pun menyapa para pengusaha yang hadir, dan menyampaikan terkait Perda yang saat ini telah ditandatangani, yaitu Perda no. 2 tahun 2023 tentang optimalisasi BUMD. 
"Dengan adanya Perda Supporting BUMD, Pemerintah daerah mengharapkan supaya nanti kebutuhan perusahaan, nanti bisa melalui BUMD. Dengan seperti itu, PAD kita bisa naik, maka honor RT RW bisa naik, bisa ngadandanan jalan"

Tak hanya itu, Kang Jimat pun menyampaikan terkait pengangkatan PPPK yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan sekaligus meningkatkan kesejahteraan tenaga pendidik.
"Selama ini saya melihat banyak guru yang mendapatkan honor 300rb/bulan, dengan honor tersebut, bagaimana kualitas pendidikan anak cucu kita?  Dengan telah diangkatnya menjadi guru PPPK, saya harapkan bisa meningkatkan kualitas pendidikan, sehingga saya mengangkat 2600 PPPK."

Pada kesempatan tersebut, dilaksanakan penyerahan sepeda motor yang diserahkan kepada Desa Panyingkiran sebagai wujud apresiasi bagi Desa yang telah melunasi PBB, penyerahan 'Kadeudeuh' dari Kang Jimat kepada Para Hansip, Guru ngaji, ketua RT dan ketua RW dan dilanjutkan dengan Tausiyah oleh Ustadzah Hj. Aah Nurul Muhibah.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Anggota DPRD Kabupaten Subang, Para Asisten Daerah, Para Kepala OPD, serta Para Kades se-Kecamatan Purwadadi.

*Deden. S**
Previous Post Next Post

Contact Form