Bendungan Sadawarna Jadi Sumber Air Bersih PDAM



PDAM Tirta Rangga Subang Akan Jadikan Bendungan Sadawarna Untuk Sumber Air Bersih Bagi Pelanggan

Subang CyberNasa - Kehadiran Bendungan Sadawarna Akan Jadi Sumber Air Bersih Untuk Bisa Dipasok PDAM Tirta Rangga Subang Ke Daerah Subang Kota Dan Kecamatan pagaden dan sekitarnya yang kini sudah telah mencapai 83 persen progres terakhir.


Melansir informasi dari situs resmi Kementerian PUPR, Bendungan Sadawarna merupakan salah satu dari tujuh bendungan di Jawa Barat yang dibangun pada periode Pemerintahan Presiden Jokowi.

Pembangunanya mulai dilakukan sejak November 2018 dan ditargetkan selesai Agustus 2022 dengan menggunakan APBN sebesar Rp 1,9 triliun.

Bendungan Sadawarna juga dipersiapkan untuk memasok air baku sebesar 0,36 hingga 1 meter kubik per detik untuk Kawasan Pelabuhan Patimban dan Pantura Jawa Barat. Khususnya Kabupaten Subang, Indramayu, dan Sumedang.

Di samping itu juga memiliki potensi sumber pembangkit listrik sebesar (PLTA) sebesar 2 MW.

Bendungan Sadawarna membendung Daerah Aliran Sungai Cipunagara yang memiliki panjang 137 kilometer mengalir dari Gunung Bukit Tunggul di Pegunungan Bandung Utara dan bermuara ke Laut Jawa, tepatnya di wilayah utara Jawa Barat.

Dengan luas genangan 670 hektar, bendungan ini berpotensi mereduksi banjir di 3 kabupaten yang dilalui DAS Cipunagara yakni Subang, Sumedang, dan Indramayu sebesar 26,90 meter kubik per detik.

Hal ini menjadi Daya Tarik PDAM Tirta Rangga Subang untuk bisa mengambil Pusat atau sumber air bersih yang rencana akan di pasok untuk wilayah Kecmatan Subang,Cibogo dan Kecamatan Pagaden dan sekitarnya seperti yang di sampaikan oleh Direktur Utama PDAM Tirta Rangga Subang melalui Hublang Prabowo S.E

Prabowo menambahkan pihak PDAM Tirta Rangga Subang sudah berkoordinasi dan mengadakan pertemuan dengan pihak Bendungan Sadawarna dengan pembahasan untuk terfokuskanya sumber air bersih untuk para pelanggan bisa diambil dari bendungan Sadawarna tersebut,sehingga dengan semakin banyak nya permintaan masyarakat untuk penyediaan jasa air bersih dapat di penuhi dengan kita berpusat ke bendungan Sadwarna tersebut.Tambahnya

Mengenai teknis pelaksanaan kita masih menunggu hasil rapat antara Pihak BBWS dengan PDAM Tirta rangga Subang dan nanti kita juga akan sampaikan ke pada publik hasilnya,intinya dengan adanya bendungan sadawarna ini pihak kami merasa terbantu untuk penyediaan air bersih yang akan kami salurkan sesuai dengan permintaan pelanggan baik itu pelanggan yang sudah berjalan maupun nantinya untuk pelanggan baru.Tegasnya***Asep Nasa YH - Feri
Previous Post Next Post

Contact Form