Kapolda Jabar Resmikan Sat Pam Obvit di Polresta Bandung






Soreang - Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Akhmad Wiyagus meresmikan Satuan Pengamanan Objek Vital (Sat Pam Obvit).

Peresmian Sat Pam Obvit tersebut berlangsung di Gedung Sabilulungan 96 Polresta Bandung. Kamis, 26 Oktober 2023.

Dengan terbentuknya Sat Pam Obvit di Polresta Bandung, Kapolda Jabar Irjen Pol Akhmad Wiyagus mengapresiasi Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo.



"Kami apresiasi gerak cepat dari Kapolresta Bandung untuk pembentukan Sat Pam Obvit ini," kata Kapolda Jabar melalui Dir Pam Obvit Polda Jabar Kombes Pol M. Hidayat.

"Karena Sat Pam Obvit ini peniscayaan dibutuhkan di wilayah Kabupaten Bandung," sambungnya.

Ia menjelaskan Sat Pam Obvit Polresta Bandung ini bertujuan untuk mengcover lokasi wisata yang ada wilayah Kabupaten Bandung.

"Tentunya disini untuk mengcover wilayah wisata yang cukup banyak, yang menjadi tujuan wisata nusantara maupun wisata mancanegara," ujarnya.

"Selanjutnya juga kegiatan yang perlu dilaksanakan kegiatan pengamanan pelaksanaan pertandingan sepakbola Piala Dunia U-17," tuturnya.

Tak hanya itu, adanya kereta cepat di Kabupaten Bandung tentunya membutuhkan peran dari Sat Pam Obvit. 

Ditempat yang sama Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo menjelaskan berdasarkan Keputusan Kapolri Nomor 1207 Tanggal 6 September 2023, bahwa unit obvit yang ada dibawah Satsamapta awalnya menjadi Sat Obvit tersendiri.

"Menjadi satuan tersendiri dengan diawali satu kasat yang berpangkat kompol, anggotanya yang tadinya hanya 5 orang menjadi 25 orang," kata Kusworo.

"Tadinya didukung oleh kendaraan sendiri, kini tambahan kendaraan sebanyak 2 unit kendaraan, kemudian tambahan metal detektor, kemudian tambahan berbagai sarana dan prasarana lainnya," ujar Kusworo.

Kusworo menambahkan Kabupaten bandung memiliki 5 objek vital nasional, diantaranya adalah PLN, KCIC dan juga berbagai macam lainnya. 

"Ada juga 33 perbankan, kemudian ada 27 tempat wisata, baik itu di Ciwidey, di Pangalengan, Dago Cimenyan dan juga berbagai macam tempat wisata lainnya," tuturnya.

Kusworo berharap dengan hadirnya Sat Pam Obvit Polresta Bandung ini bisa bermanfaat dan semakin bisa melayani khususnya di tempat-tempat kawasan tertentu.***
Previous Post Next Post

Contact Form