Kang Jimat hadiri haul pertama Nyi Mas Dewi Kawunganten dan siap membangun payung Hukum



Cybernasa Subang - Bupati Subang H. Ruhimat, didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Subang Hj. Yoyoh Sopiah Ruhimat, menghadiri kegiatan haul pertama Nyi Mas Dewi Kawunganten, sekaligus memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H/ 2023 M, bertempat di Desa Kawunganten, Kecamatan Cikaum.
Minggu, 1/10/2023.

Sekretaris Daerah Kabupaten Subang H. Asep Nuroni, S.Sos., M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan yang kini dilaksanakan merupakan bentuk syukur yang harus diungkapkan dalam karya-karya nyata, karena Kabupaten Subang merupakan bagian dari daerah religius dan juga daerah budaya yang potensi alamnya cukup lengkap sehingga harus di syukuri dalam bentuk kegiatan - kegiatan tradisi.

"Kami Insya Allah berkomitmen untuk melestarikan baik dalam bentuk regulasi atau aturan yang melegalkan, juga tentunya Kami berkomitmen berkaitan dengan pelestarian dari aspek fisiknya dan lingkungannya, sehingga menjadi sebuah bentuk kehormatan kepada pelaku sejarah."

Sementara itu, Bupati Subang yang akrab disapa Kang Jimat menyampaikan harapannya, dengan diadakannya kegiatan yang saat ini dilaksanakan dapat memberikan keberkahan bagi masyarakat khususnya masyarakat Kabupaten Subang. 

Kang Jimat juga berterima kasih kepada semua pihak yang telah melestarikan tempat yang penuh dengan sejarah islam tersebut, 
"Saya atas nama pribadi dan Pemerintah berterima kasih wabil khusus kepada keluarga besar yang telah 'ngamumule' ini tempat, bapak-bapak kuncen semua."

Terkait Regulasi, Kang Jimat menyatakan bahwa dirinya akan segera menyiapkan payung hukum bagi berbagai situs religius bersejarah, sehingga kedepannya akan lebih jelas dalam berbagai aspeknya.

"Saya siap membangun payung hukum dari Pemerintah Daerah, semoga kedepannya mudah mudahan siapapun yang memimpin, tapi Perbup sudah ada, Saya ingin tiap tahun laksanakan Haul dan melibatkan pihak Pemda."

Kang Jimat juga mengajak semua pihak, untuk bersama sama melestarikan situs situs bersejarah, salah satunya Situs Nyi Mas Dewi Kawunganten yang memiliki sejarah yang panjang dalam penyebaran agama Islam di Indonesia, khususnya di Wilayah Pajajaran.

"Saya atas nama pribadi maupun pemerintah mengajak ke semua warga masyarakat Subang khususnya kepada yang hadir pada saat ini, kita usahakan untuk 'ngamumule' terkait tempat ini, kita tingkatkan keimanan, keislaman, dan ketakwaan."

Kang Jimat juga berpesan kepada warga yang hadir, untuk memberikan edukasi kepada para pelajar untuk dapat belajar lebih giat, sehingga masa depannya lebih cerah dan tidak hanya menjadi penonton, 
"wayahna sing leuwih getol mudah mudahan bisa lebih baik."

Hadir pada kegiatan tersebut, Asisten Daerah 2 Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Asisten Daerah 3 Administrasi Umum, Ketua DWP Kabupaten Subang, Para Kepala OPD, Camat Cikaum, Muspika Kecamatan Cikaum, Ketua MUI Kecamatan Cikaum, Kepala Desa Kawunganten, Juru Kunci Nyimas Dewi Kawunganten. 


Dens'kcr & Crew
Previous Post Next Post

Contact Form