Bupati hadiri Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H di Kecamatan Ciater Tema : Gelar Budaya dan Dawah



Cybernasa Subang - Bupati Subang H. Ruhimat hadir dalam kegiatan Gelar Budaya dan Dakwah Kecamatan Ciater, bertempat di Lapang Kantor Kecamatan Ciater, Kamis (19/10/2023).

Kegiatan Gelar Budaya dan Dakwah tersebut dilaksanakan dalam rangka Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H yang diisi dengan berbagai penampilan kesenian khas Indonesia dan dakwah oleh KH. Toto Ubaidillah serta dibuka dengan lantunan shalawat yang dipimpin oleh seluruh Kepala Desa se-Kecamatan Ciater.

Imam Supardan S.IP Camat Ciater pada kesempatan tersebut menyatakan tema gelar budaya dan dakwah dipilih sebagai pengingat bahwa Islam masuk ke Indonesia melalui kebudayaan denganTema"Gelar Budaya dan Dakwah dipilih karena islam masuk ke Indonesia melalui berbagai kebudayaan."

Kemudian Imam juga menceritakan tentang perjuangan Kang Jimat dalam upayanya membangun ruas jalan baru di Kabupaten Subang tanpa menggunakan APBD, "Bupati urang hayang ngabangun jalan jibakuna neangan duit datang ka Jakarta nepi ka ngojek. Insyaallah bakal dibangun jalan."

Acara dilanjutkan dengan paparan Kepala Puskesmas Ciater terkait berbagai kemajuan pelayanan kesehatan di Kecamatan Ciater yang di masa Kang Jimat mulai dari gedung Puskesmas baru, perekrutan tenaga kesehatan, hingga layanan Universal Health Coverage (UHC) yang baru saja disandang oleh Kabupaten Subang yang akan memberikan jaminan pelayanan kesehatan bagi seluruh masyarakat Kabupaten Subang.

"Terima kasih kepada Pak Bupati kami kendapatkan gedung Puskesmas baru, mendapat tambahan sumber daya kesehatan, dan predikat UHC untuk Kabupaten Subang yang artinya bapak ibu sadayana warga anu sakit tiasa ditanggung ku BPJS."


Selanjutnya Kang Jimat didampingi para Asda dan Muspika serta Tokoh Masyarakat Kecamatan Ciater menyerahkan bantuan kepada kaum difabel di mana bantuan tersebut berasal dari Baznas Kabupaten Subang.

Asisten Daerah Bidang Perekonomian dan Pembangunan H. Hidayat S.Ag.,M.Si pada kesempatan tersebut menyatakan rasa bangganya atas pagelaran budaya dibalut dakwah tersebut karena sangat bermanfaat bagi masyarakat sesuai dengan pesan Kang Jimat agar masyarakat Subang mampu meningkatkan taraf hidupnya dengan menuntut ilmu.
"Saur Bapak Bupati urang Subang ulah bodo. Ulah jadi penonton."

H. Hidayat juga menjelaskan terkait perjuangan Kang Jimat untuk tetap menjalankan pembangunan di tengah upaya Pemerintah Daerah Kabupaten Subang dalam menangani Pandemi Covid-19 termasuk pembangunan SDM Kabupaten Subang dengan pengangkatan dua ribu lebih guru P3K untuk meningkatkan taraf pendidikan dan kualitas generasi muda Kabupaten Subang.

Mengawali sambutannya Kang Jimat mengajak masyarakat Kecamatan Ciater untuk terus melestarikan hal baik terutama gotong royong agar menjadi contoh bagi generasi penerus
"Hayu tangtos dinararagi ngawujudkeun gotong royong ulah rek ewang-ewangan. Hayu urang biasakeun kahadean supaya netes ke anak incu urang."

Selanjutnya Kang Jimat secara langsung menghaturkan permohonan maaf karena selama dirinya menjabat masih banyak program yang belum terlaksana akibat anggaran yang ada digunakan untuk menanggulangi Pandemi Covid-19, 
"Hapunten salami 4 tahun 10 bulan simkuring jadi kokolot di Kabupaten teu tiasa ngacumponan kahayang rakyat kumargi anggaran seep untuk menanggulangi Pandemi Covid-19."

Di tengah segala kekurangan dan terhambatnya pembangunan di Kabupaten Subang, Kang Jimat menyatakan dirinya tetap memperjuangkan kemajuan Subang tetapi menekankan masyarakat Subang harus bersiap menyongsong masa depan Subang agar tidak hanya menjadi penonton.
"Menyongsong masa depan Kabupaten Subang pasti akan seeur kemajengan dengan syarat anak incu urang kudu sungguh-sungguh sekolahna matak harus diawasi oleh orang tuanya masing-masing."

Menutup sambutannya Kang Jimat berpesan agar masyarakat menjauhi sifat malas karena menurut Kang Jimat kemalasan adalah sarana memelihara kemiskinan. Kang Jimat mengamini kehidupan akhirat merupakan tujuan utama tetapi jangan sampai melupakan kehidupan di dunia, 
"Bukan sebatas angan dan mimpi, kita harus berbuat dan membuang kemalasan kusabab lamun ngagugu kakedul hanya sebatas memelihara kemiskinan kehidupan di akhirat memang kita dambakan tetapi jangan sampai melupakan kehidupan kita di dunia." Pungkas Kang Jimat

Acara ditutup dengan tausiyah oleh KH. Toto Ubaidillah yang membahas terkait keutamaan akhlak Nabi Muhammad SAW yang harus dijadikan patokan dalam setiap bertindak.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Asisten Daerah bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Subang, Muspika Kecamatan Ciater, Tokoh Masyarakat Ciater, dan seluruh jamaah gelar budaya dan dakwah Kecamatan Ciater.


Dens'Kcr & Crew
Previous Post Next Post

Contact Form