Refleksi Jimat-Akur di Kecamatan Sukasari, Kang Jimat Harapkan Warga Subang Tak Hanya Menjadi Penonton di Rumah Sendiri




Bupati Subang H. Ruhimat atau Kang Jimat, melaksanakan Roadshow Refleksi 5 Tahun Kepemimpinan Jimat-Akur, bertempat di Halaman Kantor Kecamatan Sukasari, Subang. Kamis, 27 Juli 2023.

Dalam Refleksi 5 Tahun Kepemimpinan Jimat-Akur di setiap kecamatan, selain menampilkan berbagai jenis UMKM di setiap kecamatan masing-masing, tetapi juga terdapat berbagai pelayanan seperti 'Sehati' atau 'Sertifikat Halal Gratis' yang diberikan oleh Kementerian Agama bagi para pelaku UMKM, Pelayanan Data Penduduk oleh Disdukcapil Kabupaten Subang serta terdapat pula pelayanan Donor Darah.

Kedatangan Kang Jimat ke Kecamatan Sukasari, disambut meriah oleh masyarakat. Selain itu, Kang Jimat pun disambut oleh Galura yang ditampilkan oleh siswa/i SMPN 2 Sukasari, Hadroh oleh Hadroh Al-Kautsar, Qasidah Kecamatan Sukasari dan Paduan suara Kecamatan Sukasari.

Selanjutnya, Camat Sukasari Drs. Aet Rudiatna., M.Si. dalam sambutannya menyampaikan selamat datang kepada Bupati Subang. Aet juga menjelaskan bahwa tujuan dengan diadakannya Refleksi di Kecamatan Sukasari adalah untuk mengevaluasi sejauh mana pembangunan dan juga sebagai komitmen keberlanjutan pembangunan di Kabupaten Subang.

Sementara itu, Asisten Daerah 2 Bidang Perekonomian dan Pembangunan H. Hidayat dalam laporannya menyampaikan bahwa pada tahun 2019, Kang Jimat - Akur dilantik oleh Gubernur sebagai Bupati Subang dengan cita-cita Subang Jawara (Jaya, Istimewa, dan Sejahtera). Asda 2 menjelaskan, bahwa Jawara tersebut tidak dapat diraih tanpa kerjasama semua pihak. Oleh karena itu, dirinya pun mengajak warga untuk bergotong royong.
"Kudu rempeg bareng Gotong royong"

Selanjutnya, Asda 2 pun menjelaskan berbagai program Kang Jimat-Akur, seperti pembukaan jalan untuk kemajuan Subang di masa depan, Pengangkatan PPPK Guru yang berjumlah 2606 orang dan terbanyak se-Jawa Barat, selain untuk meningkatkan SDM di Kabupaten Subang, juga untuk meningkatkan kesejahteraan Guru. Tak hanya itu, di masa kepemimpinan Jimat-Akur, cita-cita masyarakat Subang Utara yakni pemekaran, didukung penuh oleh Kang Jimat dan saat ini telah disetujui oleh DPRD Provinsi Jawa Barat.

Kegiatan dilanjutkan dengan penayangan video testimoni 'Jejak Jawara' dari warga Sukasari yang menyampaikan berbagai pencapaian Kang Jimat - Akur, serta harapan-harapan masyarakat untuk Kepemimpinan Kang Jimat - Akur. Selain itu, ditayangkan pula video terkait Subang di Masa Depan, dimana perkembangan Subang akan melaju pesat dengan hadirnya Pelabuhan Internasional Patimban.

Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Ambu Nina Nurhayati dalam sambutannya menyampaikan rasa bangganya dengan berbagai pencapaian yang diraih oleh Kang Jimat dalam membangun Kabupaten Subang. Dirinya pun berharap, disisa waktu kepemimpinan Kang Jimat-Akur, berbagai pembangunan yang belum rampung, dapat segera diselesaikan.

Sementara itu, Kang Jimat menyampaikan bahwa tujuan refleksi yang dilaksanakan di setiap kecamatan adalah untuk bersilaturahmi dengan masyarakat, dimana beberapa tahun kebelakang silaturahmi terkendala dengan adanya covid19.
"Kenapa refleksi dilaksanakan di setiap kecamatan? kalau di kabupaten, beberapa tahun kebelakangan tidak bisa bertemu karena covid."

Selain itu, Refleksi juga bertujuan untuk menjadi evaluasi bagi pemerintah daerah terkait berbagai program yang telah, tengah dan akan dilaksanakan.
"Dengan diadakannya refleksi, menjadi evaluasi terkait apa saja yang sudah dikerjakan oleh pemerintah daerah."

Selanjutnya, Kang Jimat menyampaikan salah satu program yang telah berjalan, yaitu pengangkatan PPPK Guru, dimana salah satu tujuannya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia Kabupaten Subang di tengah kemajuannya menuju era industri, dimana Kang Jimat tidak ingin warganya hanya menjadi penonton di rumah sendiri.
"Ke bapak ibu guru tolong maksimalkan, karena hari esok terkait pembangunan dan perkembangan Kabupaten Subang kalau tidak dengan bersungguh-sungguh dalam mendidik anak cucu kita, Saya tidak ingin kita hanya menjadi penonton. Oleh karena itu, saya nitip jangan hanya mengandalkan bapak ibu guru saja, tapi hayu kita jadikan anak cucu kita supaya hari esok bisa betul-betul kita menjadi pemain jangan hanya 'Lalajo'."

Tak hanya kepada guru sekolah Formal saja, Kang Jimat juga mengapresiasi para guru ngaji yang tergabung dalam FKDT dan FKGN, yang telah membantu pemerintah membangun mental manusia di Kabupaten Subang, dan berharap kedepannya dirinya mampu lebih meningkatkan kesejahteraan para guru ngaji.
"Terima kasih kepada teman-teman FKDT dan FKGN, walaupun honornya hanya segitu tapi saat ini saya sedang memikirkan bagaimana caranya supaya bisa lebih meningkat."

Pada kesempatan tersebut, Kang Jimat menyerahkan apresiasi kepada Linmas dengan masa bakti terlama yang diberikan kepada Bapak Tinggal dari Desa Sukamaju, Kader POS KB masa bakti terlama Ibu Rohati dari Desa Curugreja dan Kepada RT masa bakti terlama Bapak Dulhalim dari Desa Sukasari. Selain itu diberikan penghargaan kepada Kolektor PBB dengan Presentase terbesar yang diberikan kepada Bapak Cardi dari Desa Sukareja dan Kader Kreatif yang diberikan kepada Ibu Siti Halimah dari Desa Sukasari.

Kegiatan dilanjutkan dengan tausiyah yang disampaikan oleh Ustadzah Hj. Aah Nurul Muhibah.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Asisten Daerah 1 Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Para Kepala Desa dan tamu undangan lainnya.


**Deden. S**
Previous Post Next Post

Contact Form