SEKDA SUBANG LAKSANAKAN SHOLAT IDUL ADHA DI MASJID AL MUSABAQOH





Sekretaris Daerah Kabupaten Subang H. Asep Nuroni S.Sos.,M.Si didampingi Ketua DWP Kabupaten Subang Hj. Siti Nuraeni Nuroni melaksanakan Sholat Idul Adha 1444 Hijriyah di Masjid Al Musabaqoh Subang, Kamis (29/06/2023).

Petugas dalam pelaksanaan Sholat Idul Adha1444 Hijriyah Tingkat Kabupaten Subang di Masjid Agung Al Musabaqoh tersebut adalah:
1. Imam: Ustad Jamaludin, S.Pd;
2. Khotib: K.H. Abu Zein (Pimpinan Ponpes As-Salam Post Cipeundeuy);
3. Bilal: Dede Rohaedi.

Sekretaris Daerah Kabupaten Subang pada kesempatan tersebut menyampaikan sambutan dari Kang Jimat Bupati Subang yang berhalangan hadir memohon doa dari seluruh jamaah sholat idul adha yang hadir agar jamaah haji asal Kabupaten Subang dapat menjalankan ibadah di tanah suci dengan lancar serta diberikan kesehatan sehingga mampu menjadi haji yang mabrur dan mabrurah. 
"Sebanyak 1.163 (seribu seratus enam puluh tiga orang) jemaah haji Kabupaten Subang melaksanakan ibadah haji tahun ini. Termasuk di antaranya Wakil Bupati beserta istri. Semoga para jemaah dapat menjalankan seluruh rukun haji dan senantiasa dalam keadaan sehat wal afiat, mendapatkan bimbingan dan perlindungan dari Allah SWT sehingga menjadi haji mabrur dan mabrurrah."

Kang Asep Nuroni juga menyampaikan ibadah kurban selain memiliki esensi spiritual juga memiliki dimensi sosial karena dapat menumbuhkan kepekaan sosial dan meningkatkan semangat berbagi antar sesama manusia.
"selanjutnya, dalam ibadah kurban terdapat dua dimensi dari esensi ibadah kurban yang dapat kita petik. Pertama yaitu dimensi spiritual. Ini merupakan bentuk ketaatan seorang hamba kepada Allah. Yang kedua yaitu dimensi sosial, mempunyai arti bahwa ibadah kurban memiliki nilai-nilai sosial atau hablum minannas. Ibadah kurban dapat menumbuhkan kepekaan sosial kita kepada sesama. Ibadah kurban juga dapat memupuk semangat berbagi dan berempati."

Kang Asep Nuroni menambahkan ibadah kurban juga memiliki makna untuk selalu berbagi menggunakan hal terbaik sehingga manfaatnya dapat dirasakan secara maksimal sehingga berpesan agar berkurban menggunakan hewan yang sudah diperiksa kondisi kesehatannya.
"hikmah sosial pada ibadah kurban yaitu bahwa ketika kita berbagi kepada sesama, hendaknya memberikan sesuatu dengan kualitas yang terbaik dan yang paling kita cintai, itulah sebabnya hewan kurban, harus dengan kondisi yang terbaik. Alhamdulillah, untuk hewan kurban di Kabupaten Subang dinyatakan aman. Namun, kami sarankan untuk membeli hewan kurban yang telah diperiksa kesehatannya oleh petugas hewan dan memiliki “kalung sehat”."

Selanjutnya Kang Asep Nuroni mengungkapkan tahun ini adalah tahun terakhir Jimat-Akur dalam memimpin Kabupaten Subang dan di tengah banyaknya program yang sudah terlaksana masih banyak harapan masyarakat yang belum terwujud sehingga dirinya mewakili Kang Jimat-Akur menghaturkan permintaan maaf atas segala kekurangan selama kepemimpinan Jimat-Akur.
"Jemaah salat ied yang dirahmati Allah, idul kurban tahun ini bertepatan dengan akhir tahun masa periode kepemimpinan kami; Jimat-Akur. Kami sadar dengan amanah yang begitu besar di pundak ini, luhur cita-cita kami untuk dapat mewujudkan harapan masyarakat akan hasil pembangunan. Kami sadari, begitu banyak harapan yang belum terwujud, begitu banyak tugas menanti untuk segera dituntaskan, begitu banyak mimpi untuk digapai. Namun, begitu terbatas kemampuan kami. Maka, atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Subang, kami memohon maaf sebesar-besarnya atas hal-hal yang belum dapat dicapai di masa kepemimpinan kami."

Menutup sambutannya Kang Asep Nuroni menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak atas terselenggaranya ibadah sholat idul adha dan pelaksanaan ibadah kurban dengan lancar dan menyatakan hal tersebut hanya dapat dilakukan dengan kolaborasi dan gotong royong seluruh pihak.
“Terakhir, pada kesempatan yang baik ini, saya ucapkan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh jajaran pemerintahan di setiap tingkatan, yang secara ikhlas telah aktif membantu pelaksanaan ibadah salat iduladha dan penyembelihan hewan kurban di lingkungnnya masing-masing. Insyaa Allah dengan kekuatan pengorbanan, kebersamaan, kekompakan, kolaborasi dan gotong royong di antara seluruh masyarakat Kabupaten Subang, cita-cita kita bersama untuk menjadikan Kabupaten Subang Jawara (jaya, istimewa sejahtera) segera terwujud." Pungkas Kang Asep Nuroni.

Selanjutnya dilaksanakan penyerahan secara simbolis satu ekor sapi kurban oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Subang H. Asep Nuroni S.Sos.,M.Si kepada Dewan Kemajmuran Masjid Al Musabaqoh Subang.

Turut mengikuti pelaksanaan sholat idul adha Para Asisten Daerah, Para Staf Ahli, Kepala OPD, dan seluruh jamaah sholat Idul Adha Masjid Al Musabaqoh Subang.

*Deden. S*

Previous Post Next Post

Contact Form