Dukung P2WKSS, Kang Jimat Tekankan Penilaian Bukanlah Akhir




Subang - Bupati Subang, H. Ruhimat, hadir dalam kegiatan Verifikasi Akhir Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) Provinsi Jawa Barat, bertempat di Aula Desa Cinta Mekar, Senin (21/11/2022).

Acara tersebut dilaksanakan dalam rangka evaluasi P2WKSS Tingkat Provinsi Jawa Barat di Kabupaten Subang Tahun 2022 oleh Tim Verifikasi P2WKSS Provinsi Jawa Barat.

Kepala DP2KBP3A Kabupaten Subang, Dra. Nunung Suryani M.Si, dalam laporannya menyampaikan kegiatan P2WKSS di Desa Cintamekar sudah berjalan dari awal tahun sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan keluarga.
"Sejak awal tahun kami sudah memulai kegiatan dengan identifikasi kebutuhan yang ada di Desa Cintamekar sebagai titik awal, lalu kami bawa ke rapat koordinasi tingkat Kabupaten hingga dibawa ke tingkat Desa dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan keluarga di Desa Cintamekar."

Dra. Nunung menambahkan, seluruh perangkat daerah di Kabupaten Subang memberikan dukungan bagi program P2WKSS di Desa Cintamekar dan bagi program-program DP2KBP3A Subang.
"Hampir seluruh Perangkat Daerah di Kabupaten Subang memberikan masukan dan dukungan bagi program P2WKSS di Desa Cintamekar dan bagi program DP2KBP3A Kabupaten Subang secara umum sesuai dengan tupoksi masing-masing Perangkat Daerah."

Menutup laporannya, Dra. Nunung berterima kasih atas kehadiran Kang Jimat dalam acara tersebut yang menjadi bukti komitmen Kang Jimat dalam memajukan masyarakat.
"Komitmen yang sangat kuat dari Pak Bupati sehingga Kang Jimat hadir dalam kegiatan hari ini."

Selanjutnya, Kang Jimat dalam sambutannya menyampaikan P2WKSS tidak selesai sampai pada penilaian, tetapi harus memberikan hasil kepada masyarakat dalam hal peningkatan kesehatan dan kesejahteraan keluarga melalui peran wanita.
"Apapun hasilnya dierahlan kepada tim verifikasi. Namun edning kegiatan ini saya inginkan bukan hanya dinilai, tapi terwujud dan terciptanya peran wanita menuju keluarga sehat sejahtera. Secara konkrit kita lakukan pembinaan pelatihan. Saya inginkan minimal desa ini karena sudah ada peniliaian ada follow up lebih lanjut yamg berkesinambungan."

Kang Jimat berharap Kabupaten Subang memiliki daerah percontohan dalam hal peningkatan peran wanita sebagai upaya peningkatan kesehatan dan kesejahteraan keluarga di Kabupaten Subang sehingga desa-desa lain dapat mengikuti sekaligus mampu memberikan kegiatan yang produktif bagi kaum ibu di Kabupaten Subang.
"Saya bergarap ada proyek percontohan untuk terwujudnya peningkatan keluarga sehat dan sejahtera. Kita bisa berkolaborasi dengan pihak provinsi, ini kesempatan yang baik bagi kita semua. Ngenes judul pembinaan ti dinas tapi perlu ditingkatkan efektifitas program di dinas. Saya ingin setiap kecamatan ada satu desa untuk betul-betul mampu menjadi desa percontohan. Minimal ibu-ibu di Subang bisa bikin produk oleh-oleh agar masyarakat memiliki kegiatan yang produktif."

Menutup sambutannya, Kang Jimat menekankan pentingnya sinergi semua pihak untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan keluarga di Kabupaten Subang.
"Saya himbau stakeholder di lingkungan masing-masing ada perbaikan. Kita lakukan ini semua untuk mencukupi apa kebutuhan rakyat. Sinergi antara provinsi dengan
kabupaten supaya betul-betul program ini produktif dan memberikan hasil yang baik bagi masyarakat." Tutup Kang Jimat.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Tim Verifikasi P2WKSS Provinsi Jawa Barat, sekaligus Sekretaris DP3AKB Provinsi Jawa Barat, Eva Fandora SP.,MT menuturkan P2WKSS sudah dilaksanakan sejak 2019 dan harus terus dilakukan evaluasi agar program yang dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan.
"P2WKSS sejak 2019 dan sudah dilakukan di awal tahun sehingga di akhir tahun harus dievaluasi. Kegiatan ini merupakan salah satu program pebingkatan peran wanita dalam membangun untuk meuwujudkan dan mengembangkan keluarga sehat, sejahtera, dan bahagia."

Eva Fandora menambahkan, wanita memiliki peran yang sangat besar dalam upaya mewujudkan cita-cita pembangunan.
"Peran laki-laki dan wanita seimbang tetapi dengan kebutuhan yang berbeda. Kaum perempuan memiliki potensi yang sangat besar dalam upaya mewujudkan cita-cita pembangunan."

Selanjutnya, Eva Fandora menjelaskan program P2WKSS sejalan dengan 5 prioritas Presiden Republik Indonesia yaitu:
1. Peningkatan pemberdayaan perempuan dan kewirausahaan;
2. Peningkatan peran ibu dalam mendidik anak;
3. Penurunan kekerasan kepada perempuan dan anak;
4. Penurunan pekerja anak;
5. Penurunan perkawinan anak.

Kepada Kang Jimat, Eva Fandora menghaturkan terima kasih atas kehadirannya dalam acara tersebut dan menjadi bukti bahwa Kabupaten Subang sangat mendukung program P2WKSS sebagai upaya menuju masyarakat sejahtera.

Acara dilanjutkan dengan peninjauan stan UMKM desa setempat oleh Kang Jimat dan jajaran.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Jajaran Tim Verifikasi P2WKSS Provinsi Jawa Barat, Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Subang, Kadispemdes Kabupaten Subang, Kasatpoldam Kabupaten Subang, Muspika Kecamatan Serangpanjang, Kepala Desa Cintamekar, dan tamu undangan lainnya.***Deden. S
Previous Post Next Post

Contact Form