SMPN 2 Tanjungsiang Di Verifikasi Sekolah ADIWIYATA Tingkat Provinsi Jawa Barat



SUBANG CyberNasa - SMP NEGERI 2 TANJUNGSIANG merupakan salah satu satuan pendidikan dengan jenjang SMP yang terakreditasi A, berdasarkan sertifikat 02.00/111/BAP-SM/SK/X/2015,beralamat di Jl. Desa Sindanglaya,Kec.Tanjungsiang, Kab. Subang Jawa Barat dengan kode pos 41284, berada di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kepala SMPN 2 Tanjungsiang,Fatah Hidayat SPd. M.M.Pd pada Jumat sore 19/08/2022 menerangkan, "Pada hari ini telah dilaksanakan Verifikasi Sekolah Adiwiyata Tingkat provinsi Jawa Barat  dari Dinas Lingkungan Hidup di dampingi DLH kabupaten Subang dan dari Dinas Pendidikan Jawa Barat verifikasi SMPN 2 Tanjungsiang  sebagai sekolah Adiwiyata,"ucapnya. 


Lebih Lanjut Fatah Hidayat menjelaskan tentang pembahasan Veripikasi Sekolah Adiwiyata yang telah dilaksanakan disekolahnya,  " Sekolah Adiwiyata secara internasional disebut pula dengan Green School adalah salah satu program Kementerian Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. 

Diharapkan setiap warga sekolah ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat dan menghindari dampak lingkungan yang negatif.

Green School merupakan program yang dikembangkan di tingkat internasional. Green School lebih bermakna pada pembentukkan sikap anak didik dan warga sekolah terhadap lingkungan, yang tercermin dalam kehidupan sehari-hari di sekolah. Hal ini diwujudkan dalam sikap dan perilaku sehari-hari, baik di sekolah, rumah atau di lingkungan tempat tinggalnya. Termasuk di dalamnya program “Greening The Curriculum”, kurikulum hijau, artinya kurikulum yang memperhatikan aspek-aspek lingkungan dalam bahasannya serta mengintegrasikan materi lingkungan ke dalam pembelajarannya, sesuai dengan topik bahasannya.


Kata ADIWIYATA berasal dari 2 kata Sansekerta “Adi” dan “Wiyata”. Adi mempunyai makna : besar, agung, baik, ideal atau sempurna, Wiyata mempunyai makna tempat dimana seseorang mendapatkan ilmu pengetahuan, norma dan etika dalam berkehidupan sosial. Adiwiyata dapat diartikan sebagai tempat yang baik dan ideal dimana dapat diperoleh segala ilmu pengetahuan dan berbagai etika yang dapat menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup kita dan menuju kepada cita-cita pembangunan berkelanjutan. "Paparnya. 


Lanjut Fatah Hidayat menyampaikan Hasil Verifikasi ," Acara verifikasi ini mulai pukul 14.00 sd 17.00  Dari DLH Provinsi mengatakan bahwa sekolah dijadikan sebagai wadah untuk percontohan dan perbekalan diantaranya penerapan cinta lingkungan untuk di terapkan di keluarga dan lingkungan masing- masing.

‌Untuk lingkungan sekolah sudah cukup dan diharapkan inovasi untuk pemanfaatannya, seperti bahan yang  ada dilingkungan contoh markisa jadi jus markisa, jahe jadi wedang jahe dan pengolahan sampah organik jadi kompos, pemanfaatan barang bekas jadi benda yang berguna."Pungkasnya.

Acara Verifikasi ini Dihadiri Camat Tanjungsiang, Kapolsek, Danramil, Sekdes Sindanglaya dan Hendra Purnawan anggota DPRD kabupaten Subang,perwakilan dari PGRI Tanjungsiang serta Komite Sekolah***Asep Nasa Yusman Heryanto***
Previous Post Next Post

Contact Form