Tak Hanya Meningkat, tapi Melompat, Harapan Pj. Bupati Untuk Subang Peduli HAM




Cybernasa Subang - Penjabat (Pj) Bupati Subang Dr. Drs. Imran, M.Si., MA.Cd menerima silaturahmi Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Barat dalam rangka Audiensi Kabupaten/Kota Peduli HAM (KKPHAM), bertempat di Ruang Rapat Bupati II. 
Selasa, 20/02/2024.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Barat R. Andika Dwi Prasetya dalam sambutannya menyampaikan tujuan dari audiensi yang saat ini dilaksanakan adalah dalam rangka pendampingan dan penguatan untuk program kabupaten kota peduli Hak Asasi Manusia (KKPHAM).
"Kegiatan ini adalah kegiatan yang mana kami sebagai Kementerian pembina yang bertanggung jawab terhadap implementasi semua bentuk implementasi hak asasi manusia yang dilaksanakan atau terselenggara di setiap provinsi kabupaten/kota yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah."


Selain itu, Andika juga menjelaskan bahwa pada tahun 2023, Jawa Barat mengalami peningkatan Kabupaten/Kota yang lolos sebagai Kabupaten/Kota yang peduli HAM, dimana pada tahun 2022 hanya 5 Kabupaten/Kota, namun pada tahun 2023 menjadi 24 Kabupaten/Kota, dan Kabupaten Subang berada di zona Kuning atau Kabupaten Peduli HAM akan hal itu, Andika optimis Subang akan menjadi Kabupaten Peduli HAM atau masuk ke Zona Hijau "sangat signifikan yang ada 5 di tahun 2022 yang lolos sebagai kabupaten kota yang peduli HAM, di 2023 ada 24, tentunya presentasi yang sangat signifikan dan Kabupaten Subang itu masuk pada kategori kabupaten kota yang cukup peduli ham. Saya yakin tahun ini (Subang) warna nya akan hijau."

Sementara itu, Pj. Bupati Subang Dr. Imran dalam sambutannya menyampaikan bahwa HAM telah mencakup berbagai aspek, termasuk ke dalam program dan kegiatan yang disusun oleh Pemerintah.
"Jadi ternyata jika kita lihat yang namanya peduli HAM itu bukan hanya terlihat di dalam aktivitas misalnya rapat, tetapi juga telah menyentuh kepada aspek program dan kegiatan yang telah disusun oleh kementerian dan lembaga termasuk juga oleh pemerintah daerah mulai dari tingkat provinsi kabupaten kota.


Oleh karena itu, Dr. Imran berharap program dan kegiatan yang telah disusun, dapat diverifikasi dan di identifikasi, untuk segera dilaporkan sehingga dapat menjadi acuan sebagai Kabupaten/Kota Peduli HAM
"Setelah pertemuan kita pada pagi hari ini sudah mulai diecer mulai laporan yang sudah ada dilaporkan yang belum tolong kita verifikasi identifikasi terkait dengan program dan kegiatan yang terkait dengan HAM, Saya yakin dan percaya banyak (program peduli HAM).

Selanjutnya, Dr. Imran berharap Kantor Wilayah Kemenhan Jawa Barat dapat memfasilitasi baik untuk sosialisasi dan komunikasi untuk pendampingan kepada berbagai OPD di Kabupaten Subang terkait Kabupaten/Kota Peduli HAM, sehingga angka kepedulian terhadap HAM di Kabupaten Subang bukan hanya dapat meningkat, namun melompat
"Saya sangat berharap kepada kakanwil ini ada keberlanjutan untuk proses sosialisasi dan fasilitasi sehingga kami bisa mencapai angka yang diharapkan bukan hanya meningkat, tapi kalau bisa melompat."

Hadir pada kegiatan tersebut Asisten Daerah Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Para Kepala OPD, serta jajaran Kantor Wilayah Kemenhan Jawa Barat dan Lapas Kelas IIA Subang.


DensKcr & Crew
Previous Post Next Post

Contact Form