Bupati didampingi Sekda Subang Resmikan Gedung BAZNAS Subang



Cybernasa Subang - Bupati Subang H. Ruhimat didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Subang H. Asep Nuroni S.Sos.,M.Si hadir dalam Acara Peresmian Gedung Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Subang dalam Pendistribusian Zakat, Infaq, dan Sedekah (ZIS), bertempat di Kantor Baznas Kabupaten Subang, Jumat (06/10/2023).

DR. KH. Musyfiq Amrullah, LC.,M.Si Ketua Baznas Kabupaten Subang dalam laporannya menyampaikan dapat dibangunnya gedung baru Subang tidak lepas dari dukungan Kang Jimat kepada Baznas Kabupaten Subang.

"Alhamdulillah akan diresmikan gedung baru Baznas Kabupaten Subang, Saya sampaikan ke Pak Bupati dan beliau merespon dengan menambah dana hibah bagi Baznas Kabupaten Subang dan bisa berdiri gedung baru."

Terakhir KH. Musyfiq berharap sebelum berakhirnya masa jabatan Kang Jimat Pemerintah Daerah Kabupaten Subang membuat regulasi yang mendukung pengumpulan zakat di Baznas Kabupaten Subang terlebih Kang Jimat sudah terlebih dahulu memberikan tauladan dengan memberikan seluruh gaji sebagai Bupati kepada Baznas Kabupaten Subang.

"Bupati sendiri sudah memelopori tiap bulan gajinya penuh langsung masuk ke Baznas, 
Beliau sama sekali tidak pernah memegang gaji  karena langsung masuk ke Baznas. 

Sebelum Pak Bupati mengakhiri jabatannya bisa membuat aturan yang bisa mendukung program pengumpulan zakat bagi ASN di Kabupaten Subang."

Acara dilanjutkan dengan pelaksanaan donasi melalui QRIS dilakukan oleh Kang Jimat beserta para Pimpinan Baznas serta Forkopimda Kabupaten Subang. 

Donasi melalui QRIS tersebut merupakan inovasi yang dilakukan oleh Baznas Kabupaten Subang untuk memudahkan seluruh masyarakat dalam berinfaq.

Selanjutnya DR. KH. Anang Djauharudin Ketua Baznas Provinsi Jawa Barat yang sebelumnya merupakan Ketua Baznas Kabupaten Subang mengamini pernyataan Ketua Baznas Subang saat ini yang mengatakan Kang Jimat sudah menginfaqkan gajinya sejak awal menjadi Bupati.

"Saya saksinya, sejak bulan pertama sejak beliau menjadi Bupati Subang, gajinya mutlak diberikan kepada fakir miskin melalui Baznas Kabupaten Subang."

Pada kesempatan tersebut dilaksanakan penyerahan bantuan UMKM, penyerahan bantuan kaki palsu kepada kaum disabilitas, dan penyerahan penghargaan kepada UPZ Kecamatan Subang, UPZ Kecamatan Jalancagak, serta UPZ Kecamatan Ciater oleh Kang Jimat didampingi seluruh pejabat yang hadir.

H. Rijaluddin Kurniawan Pimpinan Baznas Pusat Bidang Pengumpulan pada kesempatan tersebut menjelaskan proses pengumpulan dan penyaluran zakat di Baznas sudah melalui proses yang ketat.

"Kami hanya amil hanya fasilitator yang menyampaikan bantuan dari muzakki kepada mustahiq ,pengelolaan zakat harus aman syar'i, aman regulasi, dan aman NKRI."

H. Rijaluddin juga menjelaskan Baznas tidak akan menyalurkan bantuan di luar daerah di mana zakat daj infaq dikumpulkan agar dana dari umat betul-betul digunakan untuk kesejahteraan umat setempat, "di mana zakat diterima di situlah zakat tersebut dihabiskan. Jadi zakat yang dikumpulkan di Subang harus dibagikan di Subang."

Terkahir H. Rijaluddin mengaku bangga dengan Kang Jimat yang merupakan salah satu teladan dalam hal zakat karena menurutnya tidak banyak pimpinan daerah yang memiliki kesadaran zakat seperti Kang Jimat.

"Pimpinan Daerah pendukung zakat di Indonesia,tidak banyak yang seperti beliau semoga dapat ditiru oleh semua pihak utamanya oleh masyarakat."


Mengawali sambutannya Kang Jimat mengucapkan selamat atas dibangunnya gedung baru Baznas Subang dan berharap gedung baru tersebut mampu mendatangkan manfaat bagi masyarakat Kabupaten Subang.

"Atas nama pribadi dan Pemerintah mengucapkan selamat atas dibangunnya gedung ini semoga bisa membawa manfaat sehingga Baznas Kabupaten Subang semakin produktif dan bermanfaat untuk masyarakat Subang."

Kang Jimat mengaku Baznas Kabupaten Subang memiliki peran yang sangat besar dalam membantu Pemerintah Daerah Kabupaten Subang dalam upaya memulihkan perekonomian.

"Baznas juga memiliki program pendidikan, kesehatan, sosial, dan ekonomi produktif, yang sangat membantu pemerintah dalam memulihkan perekonomian daerah."

Terkait dirinya yang mendapat penghargaan Pimpinan Daerah Peduli Zakat, Kang Jimat mengaku apa yang Ia lakukan hanya bentuk rasa syukur atas nikmat Allah SWT yang telah diberikan kepada Kang Jimat dan keluarga.

"Saya mencoba mensyukuri nikmat yang Allah berikan kepada saya semoga apa yang saya lakukan bisa menjadi pertolongan Allah di yaumul akhir."

Selanjutnya Kang Jimat menginstruksikan kepada Sekretaris Daerah Kabupaten Subang dan jajaran BUMD Subang untuk dapat mendukung pengumpulan zakat ke Baznas Kabupaten Subang melalui regulasi yang jelas "Saya menghimbau kepada Pak Sekda untuk buatkan regulasi ASN di Kabupaten Subang agar zakat dilakukan dengan payroll ke Baznas. 

Khusus untuk BUMD sebelum setoran PAD saya minta 2,5% disisihkan dulu untuk zakat melalui Baznas Kabupaten Subang."

Terakhir Kang Jimat berharap Baznas terus memberikan bantuan berupa pemberdayaan sehingga para penerima manfaat kelak bisa menjadi pemberi manfaat.

Rakyat Subang sangat membutuhkan pemberdayaan mudah-mudahan penerima zakat hari ini bisa menjadi pemberi zakat di masa mendatang namun itu semua memerlukan kerja keras dari semua pihak." Pungkas Kang Jimat.

Usai menyampaikan sambutannya Kang Jimat secara simbolis meresmikan gedung baru Baznas Kabupaten Subang dengan prosesi penandatanganan prasasti dan pemotongan pita dan dilanjutkan dengan peninjauan gedung baru Baznas Kabupaten Subang.

Turut hadir dalam acara tersebut Dandim 0605 Subang, para Asisten Daerah, para Kepala OPD, Ketua MUI Kabupaten Subang, Ketua Baznas Kabupaten Purwakarta, Ketua Baznas Kabupaten Karawang, Ketua Baznas Kabupaten Bekasi, Kepala Kemenag Kabupaten Subang, dan tamu undangan lainnya.


Dens'kcr & Crew
Previous Post Next Post

Contact Form